Aimee Atmanto: Berbagai Acara Fashion Mulai Bermunculan Seiring Kurva Covid-19 Yang Terus Menurun.

JAKARTA – Setelah lebih dari dua tahun pandemi COVID-19, perekonomian Indonesia kini berangsur pulih.

Roda perekonomian kembali berputar dan aktivitas industri mulai bermunculan. Orang-orang optimis tentang transisi segera ke penyakit endemik.

Amy Atmanto, direktur/perancang MES Center for Creative Industries, mengatakan bahwa kebijakan Ketua Joko Widodo pada 17 Mei 2022 untuk melepas masker bagi mereka yang melakukan aktivitas di luar ruangan yang ramai atau tidak ramai akan diumumkan di bioskop. untuk segera masuk. hidup akhirnya bergabung dengan SARS-CoV-2 tanpa rasa takut.

Harapan bangkitnya fashion etnik kesopanan

Aimee Atmanto juga menyampaikan bahwa industri fashion merupakan salah satu industri yang mulai bangkit dalam beberapa bulan terakhir.

Aimee Atmanto mengatakan, “Munculnya industri fashion sebagai industri dengan rantai pasok yang panjang dari hulu hingga hilir berdampak positif bagi kepentingan ribuan hingga jutaan orang yang terlibat.”

Jejak cepat perjuangan para kreatif, khususnya industri fesyen, untuk bertahan di masa pandemi menunjukkan tekad para desainer untuk tidak tumbang. Mereka berdamai dan beradaptasi dengan situasi, kemudian menemukan lubang dalam keberadaan mereka.

“Banyak desainer yang harus ‘mengurangi’ jumlah staf di studionya. Tak hanya itu, desainer juga harus siap ‘menaklukkan ego dan idealisme pada kreativitas. Karena kita harus menghasilkan barang-barang’, jelasnya. Amy Atmanto.

Mulai dari masker, homewear set, topi, dan jaket berbahan tahan air (waterproof) hingga alat pelindung diri (APD), Amy Atmanto mengakui hal tersebut menjadi kebutuhan pokok, setidaknya selama tahun pertama pandemi.

“Produk yang dianggap mustahil untuk diproduksi mau tidak mau menjadi produk yang bisa menopang eksistensi seorang desainer meski di era pandemi. Namun, meski sebuah produk ‘lemah’, kreativitas tidak serta merta keluar. karakteristik desain produk yang unik. Apa yang mereka buat?” kata Ami Atmanto.

mode sederhana di luar ruangan

Di penghujung tahun 2021, harapan orang dalam industri fashion Indonesia, diakui Aimi Atmanto, mulai menjadi kenyataan.

Ia melanjutkan, “Dengan kurva Corona 19 yang terus menurun, berbagai acara dan peragaan busana bermunculan silih berganti. Kata-kata tidak dapat menggambarkannya,” jelas Amy Atmanto.

Seperti diketahui, salah satu event besar fashion yang akan digelar dalam hybrid fashion pada 2021 akan menjadi bagian dari rangkaian Indonesian Economic Sharia Festival (ISEF) yang akan digelar pada 27-30 Oktober 2021 di Jakarta Convention Center.

Acara ISEF terdiri dari peragaan busana, peragaan busana, pameran, talk show, pendidikan bisnis, dan kompetisi desain online/offline dengan tema “Sustainable Islamic Fashion”.

“Ada alasan untuk berani menggelar fashion show kecil-kecilan. Industri fashion pasif negara kita diyakini bisa menjadi salah satu pilar pemulihan ekonomi nasional. Industri halal prioritas utama yang bisa mengembangkan halal nasional. ekosistem rantai.” Aimee Atmanto berkata:

Fashion show terbaru untuk bulan Ramadhan tahun ini. Salah satunya adalah Islamic Fashion Festival atau yang lebih dikenal dengan MUFFEST+ 2022 yang digelar selama tiga hari di Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta.

G20 adalah toko fashion sederhana di Indonesia.

Sejak Indonesia terpilih sebagai presiden G20 (Group of Twenty) mulai 1 Desember 2021, industri mode sederhana semakin bersinar. Misi besar Presiden Jokowi adalah kepercayaan dan kejayaan negeri ini. .

Aimee Atmanto, Ketua G20 Indonesia, mengatakan bahwa ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi global dan membangun tata kelola global yang lebih sehat, adil dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan isu-isu sosial. Justice sedang mengerjakan restorasi yang lebih kuat dengan tema Restorasi Bersama.

Salah satu hal yang bisa dilakukan negara ini untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi global adalah melalui industri fashion khususnya fashion sederhana. Masyarakat Indonesia telah menyaksikan bagaimana sektor fesyen yang merupakan bagian dari “rumah” ekonomi kreatif melewati badai epidemi.

Menurut data Bank Indonesia, selama Januari hingga Oktober 2021, transaksi produk halal yang diperdagangkan melalui platform e-commerce senilai Rp 12,18 triliun dan produk fashion syariah dengan pangsa pasar 91,93% dari total nilai nominal produk halal. Mendominasi, bagus! Amy Atmanto.

Momentum Group of Twenty telah menjadikan Indonesia sebagai ibu kota mode sederhana di dunia.

Harapannya, busana sederhana tidak hanya berlangsung di dalam negeri, tetapi juga internasional, kata Wakil Presiden Maarouf Amin.

Menurut Wapres, kepresidenan G20 Indonesia merupakan kesempatan emas bagi anak bangsa untuk mempromosikan produk fesyen berkualitas tinggi dan sederhana ke kancah dunia.

Salah satunya dengan menggelar Jakarta Islamic Fashion Week 2022 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan pada Oktober mendatang.

Acara ini sekaligus menandai komitmen Indonesia untuk menjadi pusat fashion Islami di dunia.

“Wapres menekankan pentingnya membangun ekosistem fesyen Islami Indonesia, termasuk peta masa depan fesyen berkelanjutan dan peluang ekspor yang luas, serta mengidentifikasi segala hambatan yang muncul dari hulu hingga hilir. busana sederhana di tanah air,” kata Aimee Atmanto.

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.