728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, May 7, 2017

Olahraga Ayunan Tangan Terhadap Titik-Titik Akupuntur

Olahraga Ayunan Tangan Terhadap Titik-Titik Akupuntur
Secara etimologis, istilah akupunktur berasal dari bahasa Latin, yaitu acus, yang berarti jarum, dan punctura, yang berarti menusuk atau menembus. Di negara leluhurnya, China, therapy akupunktur sudah dikenal sejak 5000 tahun yang silarn. Akupunktur merupakan ilmu rahasia yang diwariskan turun temurun. Pada masa tersebut sudah dikenal titik-titik akupunktur klasik yang terletak pada meridian-meridian utama yang berhubungan dengan organ-organ tubuh.
Olahraga Ayunan Tangan Terhadap Titik-Titik Akupuntur

Titik-titik akupunktur dapat dirangsang dengan metode tusukan, pemanasan, pemijitan, maupun olahraga. Olahraga ayunan tangan melibatkan qi dan shi, yang berhubungan erat dengan prinsip yin dan yang, yang merupakan energi hidup yang terdapat di bumi. Yin dan yang merupakan pertentangan, tetapi juga persatuan. Persatuan yang dibentuk kedua energi ini melahirkan harmonisasi dan keseimbangan. Yin-yang, yang merupakan dasar filsafat China, berkaitan erat dengan titik-titik meridian. Yang melambangkan sesuatu yang positif, seperti: terang, panas, ekstrovert, akut, simpatis, dan progresif. Sedangkan yin melambangkan sesuatu yang negatif, seperti: gelap, bawah, dingin, malam, parasimpatis, introvert, regresif, dan kronis. Manakala keseimbang an relatif antara yin dan yang terganggu, muncullah bermacam-macam penyakit.

Qi, yang merupakan energi vital, terdapat pada tubuh manusia yang menghidupi seluruh tubuh. Qi terdapat dalam udara, angin, makanan, dan sebagainya. Qi dalam tubuh manusia mengalir dalam saluran tertentu yang tersusun secara baik dan teratur, membujur maupun melintang, yang kemudian disebut meridian. Pada tubuh manusia terdapat dua belas meridian dasar, dua belas meridian cabang, dan delapan meridian istimewa, yang kesemuanya membentuk satu sistem saluran tersendiri dalam tubuh, ibarat jala yang terjalin erat. Dengan adanya sistem meridian, perangsangan titik akupunktur di permukaan tubuh dapat disalurkan ke tempat-tempat yang dituju.

Titik akupunktur dan meridian-meridiannya mempunyai hubungan yang erat sekali dengan aktivitas susunan saraf otonom. Saraf otonom terdiri dari saraf simpatis dan saraf parasimpatis yang berpusat di talamus dan hipotalamus yang terletak di otak. Pusat otonom dan saraf otonom inilah yang mengatur semua fungsi vital tubuh, seperti: pernapasan, pencernaan, peredaran darah, metabolisme, dan tubuh, termasuk yang mengatur fungsi reproduksi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Olahraga Ayunan Tangan Terhadap Titik-Titik Akupuntur Rating: 5 Reviewed By: shinta Aquino