728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, May 9, 2017

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Hidung
Menjaga kesehatan hidung merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan agar kita terhindar dari penyakit terutama yang menyerang organ penting dalam pernapasan ini. Jika hidung bermasalah, akan sangat mengganggu fungsi hidung sebagai organ pernapasan maupun indra penciuman. Hidung yang dibiarkan tanpa perawatan dan pemeliharaan, akan mudah sekali terserang kuman penyakit maupun bakteri. Kotoran dan lendir yang tidak dibersihkan pun dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan dalam rongga hidung. Jika rongga hidung tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya, tentu akan menyebabkan kelainan pula pada organ lain seperti telinga dan tenggorokan. Berikut beberapa tips merawat hidung agar tetap sehat dan terjaga dari penyakit.

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Hidung


Tips menjaga kesehatan hidung yang pertama adalah dengan membersihkan rongga hidung secara teratur. Rongga hidung memiliki bulu-bulu halus yang berfungsi menyaring kotoran yang masuk ketika bernapas. Kotoran tersebut harus dikeluarkan agar tidak menghambat proses pertukaran udara. Akan tetapi perlu diingat bahwa bagian dalam hidung juga merupakan organ yang sensitif. Oleh karena itu, hindari membersihkan hidung dengan tangan anda karena dapat menimbulkan infeksi. Kotoran yang melekat di jari tangan mudah berpindah dan menjadi sumber utama penyakit pada hidung. Bersihkanlah dengan kain tipis atau sapu tangan yang halus kemudian basahi dengan air. Tujuannya agar kotoran mudah dibersihkan dan tidak merusak bagian dalam hidung.

Tips selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah sebisa mungkin hindari menghisap debu serta polusi. Jika anda sedang berkendara, pastikan untuk memakai masker agar udara kotor dapat tersaring dengan baik. Selain itu, hindari kontak langsung dengan asap rokok maupun asap pembakaran. Asap tersebut mengandung zat yang sangat berbahaya jika terhisap. Memang asap dari hasil pembakaran tidak berefek secara langsung bagi kesehatan hidung, melainkan paru-paru sebagai organ paling vital. Namun lama-kelamaan hidung dapat terkontaminasi karena hidung merupakan organ pertama yang menghisap racun berbahaya tersebut. Menjaga kesehatan hidung dengan tidak menghisap udara kotor dan racun berbahaya dapat meningkatkan indera penciuman anda.

Selain menjaga kesehatan hidung bagian dalam, kesehatan dan kebersihan hidung bagian luar juga patut untuk diperhatikan. Seiring dengan padatnya aktivitas sehari-hari tentu membuat kotoran serta debu mudah melekat pada wajah anda. Bagian wajah yang tidak luput dari noda dan kotoran adalah hidung. Jika tidak dibersihkan akan menjadi penyebab timbulnya komedo. Hal tersebut tentu dapat menjadi nilai minus dalam penampilan anda. Bersihkan hidung secara rutin setiap hari dengan cream pembersih atau dengan alat penghilang komedo. Bersihkan setiap malam menjelang tidur dengan air hangat. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang ada dapat mudah dikeluarkan. Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk dapat menjaga kesehatan hidung.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Hidung Rating: 5 Reviewed By: shinta Aquino