728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, May 19, 2016

7 Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan

Sirsak sering di sebut dengan nangka belanda, durian belanda atau nangka belanda. Sirsak di bawa oleh belanda saat masa penjajahan, oleh karena itu buah sirsak di setiap daerah identik dengan nama belanda.

Buah ini sebenarnya bukan dari belanda melainkkan berasal dari karibia, amerika selatan dan amerika tengah.

Buah ini merupakan buah tropis yang bersifat tahunan, tanaman sirsak umurnya tidak lebih dari 20 tahun.

tanaman sirsak

Ciri-ciri fisik sirsak

Ciri fisik atau ciri yang dapat kita lihat secara langsung seperti melihat daun, bunga, batang dan buahnya. Kami akan sedikit menjelaskan ciri fisik dari daun hingga buah tanaman sirsak.

· Daun
Daun sirsak berwarna hijau untuk ujungnya berwarna hijau tua, bentuk daun sirsak bulat panjang degan ujungnya yang runcing. Daun sirsak beraroma langu yang tidak sedap.

· Batang
Tanaman sirkaya mempunyai batang yang keras dan mempunyai cabang yang sedikit. Batang sirsak berbentuk kecil tetapi tidak mudah patah, karena batangnya ulet.

· Bunga
Tanaman sirsak berbunga tunggal sepanjang tahun, bunganya berukuran besar. Bunga sirsak muncul pada cabang, ranting dan ujung cabang.

Bunga tanaman sirsak beraroma tidak sedap sehingga lebah jarang hinggap sehingga jarang sekali lebah datang untuk membantu penyerbukan. Umumnya bunga sirsak adalah sempurna yang artinya bunganya berkelamin dua. Sedangkan untuk yang berkelamin satu sangat jarang di temukan.

· Buah
Pada umumnya buah sirsak berbentuk lonjong, berduri halus dan lunak. Daging buah yang dapat di makan berwarna putih, rasa buah sirsak yang matang umumnya masam sampai manis. Sedangkan untuk biji buah yang sudah tua berwarna hitam kecokelatan dan berbentuk gepeng atau pipih.

Itulah beberapa ciri yang dapat kita lihat secara langsung untuk buah sirsak. Kemudian kandungan kandungan apa saja yang ada pada tanaman sirsak? Tenang saja kami akan sedikit mengulasnya.

Kandungan gizi buah sirsak

Buah sirsak memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut di karenakan kandungan gizi yang ada pada buah sirsak. Kandungan tersebut di antaranya 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah dan 4% inti buah. Karbohidrat merupakan kandungan gizi yang paling banyak dalam sirsak setelah itu baru air.

Pereduksi (glukosa dan fruktosa) adalah salah satu jenis karbohidrat yang ada pada buah sirsak dengan kadar 81,9%-93,5% dari kandungan gula keseluruhan. Buah sirsak mempunyai kandungan lemak yang sedikit sekitar 0,3 g/100g, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Vitamin C merupakan vitamin yang paling dominan, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kemudian mineral yang dominan adalah fospor dan kalsium, kedua mineral ini sangat penting untuk pembentukan massa tulang. Sehingga sangat berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta mencegah osteoporosis dini.

Selain kandungan gizi, buah sirsak juga mengandung non-gizi. kandungan non-gizi tersebut diantaranya serat pangan (dietary fiber), kandungannya sebanyak 3,3 g per 100 g daging buah sirsak.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Saat ini sudah banyak sekali penelitian untuk mengetahui khasiat buah sirsak. Hasilnya pun sangat mengejutkan karena buah sirsak banyak sekali manfaatnya. Anda pasti bertanya-tanya apa saja manfaatnya? Ini dia manfaatnya:

· Buah sirsak untuk kolesterol
Kandungan serat yang terdapat pada buah sirsak merupakan kandungan yang baik untuk tubuh. Serat yang terdapat pada sirsak juga berperan baik dalam penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga hanya kolesterol baik yang tersisa di dalam tubuh.

· Buah sirsak untuk mencegah Hipertensi
Bukan hanya daun sirsak saja yang dapat mengobati darah tinggi. Ternyata, buah sirsak juga dapat mengobati hipertensi. Hal tersebut telah di buktikan dengan beberapa penelitian.

· Buah sirsak untuk Anemia
Untuk anda yang menderita anemia tidak ada salahnya anda mengkonsumsi buah ini, karena buah sirsak dapat membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.
· Buah sirsak untuk mengobati wasir
Penderita wasir tidak hanya memerlukan obat untuk proses penyembuhan, tetapi penderita juga membutuhkan nutrisi alami untuk mempercepat sembuhnya wasir. Penderita dapat mengkonsumsi buah sirsak untuk membantu mempercepat penyembuhan wasir yang di derita.

· Buah sirsak untuk menjaga kelembapan kulit
Buah sirsak dapat menjaga kelembaban kulit, karena buah sirsak mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat mengkonsumsi buah sirsak secara langsung, membuat jus atau menjadikan sirsak menjadi masker wajah.

· Buah sirsak untuk mengatasi migrain
Jika anda sering mengalami sakit kepala sebelah pastinya anda mengonsumsi obat dari dokter atau membeli obat di apotik untuk mengobatinya. Tapi ada alternatif lain untuk mengobati migren yaitu dengan mengonsumsi buah sirsak. karena sirsak mengandung vitamin B2 yang tinggi dan Vitamin B inilah yang dapat mengatasi migren atau sakit kepala sebelah.

· Buah sirsak untuk mencegah kanker
Hal ini sangat penting di ketahui untuk kita semua, bahwa buah sirsak dapat mencegah kanker. Kandungan senyawa fitokimia (annonaceous acetogenins) yang terdapat pada buah sirsak , merupakan senyawa yang dapat menangkal virus yang dapat menyebabkan kanker. baca juga 

Setelah anda mengetahui begitu banyakn manfaat buah sirsak, apakah anda tidak ingin mencoba buah ini untuk mencegah penyakit. Tidak ada salahnya sesekali mencoba buah ini.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 7 Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan Rating: 5 Reviewed By: shinta Aquino