728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, April 26, 2016

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Buah dengan nama latin Averhoa Carambola L ini tidak hanya disukai  anak-anak tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Buah belimbing banyak dijumpai dalam bahan-bahan pembuatan rujak dan sering didapatkan di pedesaan. Buah yang berbentuk seperti bintang ini mempunyai banyak jenisnya, ada yang manis dan ada juga yang masam.

Tetapi yang pasti buah belimbing bermanfaat bagi kesehatan karena serat yang tinggi dan kandungan berbagai vitamin didalamnya.

Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa dalam buah belimbing mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan seperti: Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), folat ( vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database.

Melihat banyaknya mineral dan nutrisi dalam buah ini, tidak diragukan lagi jika buah belimbing memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan

  • Buah belimbing dapat mengatasi masalah batuk pada anak-anak. Memakan buah belimbing bisa dengan dikupas atau memakan langsung.
  • Mengobati sariawan dan gusi sering berdarah. Sebaiknya mengkonsumsi buah belimbing secara rutin supaya gusi sehat dan terhindar dari gusi berdarah.
  • Belimbing juga berguna untuk mengurangi sakit gigi, lebih baik jika buah belimbing yang dipakai adalah belimbing masam.
  • Belimbing berguna untuk Mengatasi jerawat dan panu.
  • Belimbing juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Belimbing untuk melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.
  • Belimbing memberikan perlindungan kepada tubuh dari kelumpuhan.
  • Kandungan serat pada buah belimbing dapat membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Sangat baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing dapat membantu mengobati kolesterol.
  • Dan yang terakhir buah belimbing dapat Mengatasi radang rectum.
Selain manfaat buah belimbing seperti yang telah ditulis di atas, tanaman ini dibagian lainnya juga bermanfaat, bagiannya yaitu bunga belimbing, daun belimbing dan akarnya.

Berikut ini merupakan manfaat dari beberapa bagian dari belimbing:

1. Manfaat bunga belimbing
Bunga belimbing yang kelihatannya tidak berguna, ternyata dapat  menjadi ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk, sariawan ( stomatitis), dan juga penyakit malaria.

2. Manfaat daun belimbing manis
Diantara manfaat kesehatan yang diperoleh dari daun belimbing adalah dapat menyembuhkan penyakit perut, gondok ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat penyakit bisul.

3. Manfaat akar belimbing manis
Sementara akar dari tanaman belimbing dapat dimanfaatkan untuk ramuan penyakit rematik.

Inilah sekilas beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan dan manfaat bunga serta daun dan akar belimbing manis. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan berguna untuk kita semua. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: shinta Aquino