728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, June 1, 2017

16 Obat Gatal Alami Paling Ampuh

16 Obat Gatal Alami Paling Ampuh
Obat gatal gatal seluruh badan baik alami maupun medis, banyak dicari oleh masyarakat luas dikarenakan banyak orang yang pernah mengalami penyakit gatal tersebut. Memang banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gatal, ada yang langsung menghilang dengan sendirinya, menghilang dengan cara diobati dan dalam waktu yang singkat namun ada juga yang sudah lama gatal tersebut tidak hilang bahkan semakin parah.

Meski sering dianggap remeh gatal yang dirasakan di seluruh badan bisa menjadi indikasi yang serius apalagi jika gatal tersebut disertai dengan gejala yang lain. Memang kebanyakan rasa gatal yang ada di tubuh disebabkan oleh gigitan serangga, radang, biang keringat, iritasi dan juga alergi, namun ada juga gatal yang disebabkan oleh penyakit yang lebih serius lagi misalnya saja adalah penyakit ginjal dan juga kanker.

Gatal juga dapat diakibatkan oleh kehamilan karena perubahan hormon. Oleh sebab itu sebelum anda mengobati gatal sebaiknya anda mengetahui apa yang menyebabkan diri anda terkena gatal.

16 Obat Gatal Alami Paling Ampuh

obat gatal alami

Bagi anda yang ingin menghilangkan gatal bisa mencoba obat gatal gatal pada kulit secara tradisional atau alami sebab efek samping dari obat alami tidak ada meskipun proses pengobatannya lumayan lama dibandingkan dengan obat kimia.

Berikut ini adalah cara mengobati gatal yang bisa anda lakukan di rumah anda :

1. Bedak Dingin

Bagi anda yang merasakan gatal akibat biang keringat anda bisa menggunakan bedak dingin yang dijual di pasar tradisional. Bedak dingin selain bisa digunakan sebagai cara mengatasi alergi dingin, bedak dingin juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan lain sebagainya.

Bedak dingin ini bentuknya seperti kapur dan berwarna putih, namun ketika dicampurkan dengan air bedak tersebut akan mencair. Setelah mencair anda bisa mengoleskannya ke bagian tubuh yang gatal. Sayangnya mengatasi gatal menggunakan bedak dingin tidak bisa digunakan untuk seluruh tubuh melainkan pada bagian tubuh tertentu saja yang merasakan gatal.

2. Tepung Kanji

Bagi anda yang merasakan gatal akibat biang keringat atau keringat yang berlebihan di tubuh anda, anda bisa menggunakan tepung kanji. Orang jaman dulu suka menaburkan tepung kanji di bagian kulit yang terkena biang keringat atau terasa gatal.

 Hal itu dikarenakan tepung kanji mampu menyerap keringat sehingga rasa gatal yang diakibatkan oleh produksi keringat yang berlebihan bisa diatasi dengan tepung kanji tersebut.

3. Losion Kulit

Penyakit radang dan kulit dermatitis bisa diakibatkan oleh kondisi kulit yang kering. Oleh sebab itu untuk mengatasi rasa gatal akibat penyakit kulit ini anda bisa menggunakan losion yang berguna untuk melembabkan kulit. Sebaiknya anda menggunakan losion yang bersifat menyejukkan dan dipakai setelah anda mandi.

4. Pelembab Kulit

Kulit yang kering bisa menyebabkan rasa gatal di kulit entah itu wajah maupun di bagian tubuh. Bagi anda yang merasakan gatal di bagian wajah bisa jadi anda mengalami kulit yang kering di bagian wajah. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering. Pelembab itu mampu meredakabn rasa gatal yang disebabkan oleh kulit wajah yang kering.

5. Es Batu

Untuk menghilangkan kulit yang gatal atau terdapat ruam bisa menggunakan es batu. Es batu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ini es batu dipercaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda yang efektif. Menghilangkan gatal dan meredakan gatal menggunakan es batu pun sama dengan menghilangkan mata panda. Caranya adalah sebagai berikut ini :

· Ambil beberapa pecahan es batu.

· Masukkan es batu tersebut ke dalam kain yang bersih.

· Ikat ujung kain tersebut sehingga tidak memungkinkan es batu keluar dari kain itu.

· Usapkan kain yang ada es batu tersebut ke bagian permukaan kulit yang ada ruam gatalnya.

· Lakukan selama 15 menit sampai dengan 20 menit lamanya. Melakukan hal tersebut pun harus secara teratur yaitu sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Rasa dingin yang dihasilkan pada es batu itu dipercaya bisa digunakan untuk meredakan gatal yang ada di kulit anda. ( Baca juga : Cara menghilangkan mata panda secara tradisional )

6. Balsam

Untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga anda bisa menggunakan balsam untuk meredakan dan menghilangkan rasa gatal yang ada di kulit anda. Alasannya adalah rasa dingin akibat kandungan menthol yang ada pada balsam tersebut berguna untuk mengurangi rasa gatal dan menghilangkan rasa gatal akibat bekas gigitan serangga.

7. Minyak Tawon

Pernahkah anda melihat minyak yang satu ini?, memang minak tawon saat ini jarang ditemui kecuali jika anda berkunjung di toko herbal atau di toko obat tradisional. Dinamakan minyak tawon sebab ada cap tawon dalam kemasan botol tersebut, tidak hanya itu saja khasiat dari minyak tawon juga berguna untuk meredakan bekas gigitan dan sengatan tawon atau lebah sehingga minyak itu dinamakan minyak tawon.

Sebenarnya fungsi dari minyak tawon itu tidak hanya sebagai pereda gigitan tawon saja namun juga menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga yang lainnya sehingga rasa gatal itu akan menghilang dan bengkak akibat gigitan serangga juga bisa mengompres dari hari ke hari.

obat gatal alami

8. Daun Salam

Untuk mengatasi gatal-gatal yang ada di tubuh anda, anda bisa menggunakan daun salam. Selama ini daun salam digunakan sebagai penyedap masakan dan penambah citarasa makanan namun siapa sangka jika daun salam bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal. Daun salam pun bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit maag secara tradisional yang efektif. Memang ada beberapa efek samping daun salam untuk kesehatan namun tidak ada salahnya jika anda mencoba menghilangkan rasa gatal yang anda alami menggunakan daun salam asalkan tidak melampaui batas.

Untuk menghilangkan rasa gatal yang anda alami menggunakan daun salam, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :

· Ambil 10 lembar daun salam yang masih segar kemudian cuci bersih.

· Blender atau tumbuk sampai semua daun salam itu bersih.

· Oleskan pasta daun salam tersebut ke bagian kulit anda yang gatal. Tunggulah atau didiamkan selama 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air dingin.

· Lakukanlah cara itu secara berulang-ulang minimal sehari dua kali.

9. Campuran Garam dan Minyak Goreng

Obat tradisional lainnya yang bisa anda buat dan bisa anda gunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit anda adalah dengan membuat campuran minyak goreng dengan garam. Minyak goreng ini juga dipercaya bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering yang efektif. Bahan-bahan ini mudah sekali anda jumpai di dapur anda. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gatal yang anda alami menggunakan campuran garam dan minyak goreng :

· Siapkan piring kecil atau cawan kecil.

· Tuangkan minyak goreng ke atas cawan itu secukupnya saja, kemudian campurkanlah garam ke dalam minyak goreng tersebut. Yang harus anda campurkan dalam minyak goreng tersebut adalah garam yang halus dan lembut bukan garam krasak atau kasar.

· Aduk rata kedua bahan tersebut agar bisa tercampur dengan sempurna.

· Setelah tercampur dengan sempurna, oleskan campuran minyak goreng dan garam tersebut ke bagian kulit anda yang terasa gatal.

10. Jahe

Untuk mengatasi rasa gatal secara alami anda bisa menggunakan jahe. Selama ini jahe dipercaya sebagai tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Air jahe bisa digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung dan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu jahe bisa digunakan sebagai penghilang gatal. Untuk menghilangkan gatal yang ada di tubuh anda menggunakan jahe anda harus melakukan hal-hal berikut ini :

· Ambil rimpang jahe sebanyak 30 gram banyaknya. Cuci jahe tersebut sampai benar-benar bersih.

· Ambil cuka sebanyak 60 cc, gula merah secukupnya dan juga beras putih secukupnya.

· Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan tersebut dengan menggunakan 800 cc air sampai air rebusan itu menjadi setengahnya atau menjadi 400 cc air. Tunggu sampai air rebusan itu dingin kemudian anda menyaring air rebusan tersebut. Minum secara teratur tiga kali dalam sehari.

· Jika rasa gatal yang anda alami tidak kunjung sembuh segera kunjungi dokter.

11. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit tidak perlu diragukan lagi begitu juga untuk kesehatan. Selama ini lidah buaya memang dikenal untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan juga kecantikan. Gel lidah buaya mengandung aloe vera dan gel tersebutlah yang berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama masalah kulit. Berikut ini adalah cara mengatasi kulit gatal menggunakan lidah buaya yang harus anda ketahui :

· Ambil lidah buaya dengan ukuran sedang.

· Cuci bersih lidah buaya tersebut.

· Potong lidah buaya menjadi dua bagian.

· Ambil gel lidah buaya tersebut kemudian bagian gel lidah buaya itu dioleskan ke kulit yang gatal.

· Gel lidah buaya tersebut akan menimbulkan rasa dingin. Rasa dingin pada gel lidah buaya itulah yang bisa meredakan rasa gatal yang anda alami.

· Tidak ada hasil yang instan untuk cara ini sehingga anda perlu mengaplikasikan cara ini secara berulang-ulang. Dalam sehari anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

12. Kulit Pisang

Selama ini yang kita tahu hanyalah khasiat buah pisang untuk kesehatan sedangkan untuk kulitnya sendiri kita banyak yang tidak tahu apa saja yang menjadi khasiat dari kulit buah pisang tersebut. Cara mengatasi gatal menggunakan kulit pisang tidak hanya unik namun ternyata juga efektif untuk bisa menghilangkan gatal yang anda alami. Berikut ini adalah cara mengatasi gatal menggunakan kulit pisang yang bisa anda lakukan di rumah :

· Ambil kulit pisang yang bersih.

· Kerok bagian dalam kulit pisang.

· Tempelkan bagian dalam kulit pisang tersebut kemudian pijat-pijat bagian tubuh anda yang gatal menggunakan kulit pisang tersebut.

· Diamkan selama 10 menit setelah itu bilas menggunakan air hangat.

· Lakukanlah cara ini secara teratur tiga kali dalam sehari agar gatal yang anda alami segera menghilang.

13. Daun Biduri dan Minyak Kelapa

Obat gatal secara alami dan tradisional lainnya adalah anda bisa menggunakan daun biduri dicampurkan dengan minyak kelapa. Cara menghilangkan gatal menggunakan daun biduri dan minyak kelapa adalah sebagai berikut ini :

· Ambil beberapa lembar daun biduri yang masih segar.

· Panaskan daun biduri itu menggunakan minyak kelapa.

· Selagi daun itu masih hangat tempelkan pada bagian tubuh anda yang terasa gatal.

· Saat rasa hangat dari daun itu sudah mulai menghilang, lepaskan daun itu dari kulit anda.

· Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari secara teratur.

14. Daun Mahkota Dewa

Selama ini daun mahkota dewa sudah terkenal khasiatnya dalam kesehatan salah satunya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil yang efektif. Cara menghilangkan gatal menggunakan daun mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :

· Ambil beberapa lembar daun mahkota dewa, cuci bersih.

· Tumbuk daun mahkota dewa ini dengan cara ditumbuk atau diblender.

· Tempelkan daun mahkota dewa yang telah dihaluskan itu ke bagian tubuh atau ke bagian kulit yang terasa gatal.

· Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

15. Mentimun

Buah mentimun selama ini dikenal sebagai buah yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Mentimun juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal. Rasa dingin dan menyegarkan pada mentimun bisa digunakan sebagai penghilang rasa gatal. Cara menghilangkan gatal menggunakan mentimun sangat mudah yaitu dengan menumbuknya agar halus kemudian menempelkan pada kulit yang terasa gatal.

16. Cuka Apel

Cuka dan cuka apel juga dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selama ini cuka dan cuka apel banyak digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki dan juga sebagai cara menghilangkan bau ketiak yang efektif.

Untuk menghilangkan gatal yang ada di tubuh menggunakan cuka anda bisa meneteskan cuka apel di bagian kulit anda yang gatal. Fungsi cuka itu adalah untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan rasa gatal di kulit.



Itulah informasi kesehatan tentang berbagai macam obat gatal alami paling ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal yang anda alami. Anda bisa memilih cara alami untuk bisa menghilangkan rasa gatal yang anda alami. Setiap cara yang anda pilih memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Jika rasa gatal anda tidak berkurang sedikitpun namun malah bertambah parah anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Bisa jadi rasa gatal yang anda alami bisa dikarenakan karena penyakit yang lebih serius. Penyakit yang serius itu tidak bisa dihilangkan menggunakan obat gatal gatal biasa namun harus disertai dengan berbagai obat yang lain. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 16 Obat Gatal Alami Paling Ampuh Rating: 5 Reviewed By: shinta Aquino